Senin, 04 November 2013

Malaikat Tanpa Sayap

“Kenalin gue randy” sapa ku kepada seorang gadis yang belum aku kenal seraya menyodorkan tangan ku kepadanya. Gadis itu tidak menjawab hanya menolehkan pandangannya sejenak kepadaku kemudian kembali melihat kembali keindahan pantai kuta bali. Kembali aku menyapanya “helo ada orang ?” dengan nada sedikit bercanda, namun tetap saja dia tidak memperdulikanku. Akhhirnya aku terus berada di sampingnya dan bercerita apa saja, terserah dia mendengarkan atau tidak tapi aku tetap bercerita ini itu panjang lebar.
Akhirnya dia pun mulai membalas pembicaraanku saat aku mulai membahas tentang surfing “ooh loe bisa surfing juga ?” katanya kepadaku. “iye gue bisa, mau gue ajarin ? haha” “ga usah ah ga tertarik” jawabnya dengan ketus. Aku belum menyerah terus saja aku mendekatinya meskipun aku yakin dia jelas jelas menolak ku mentah mentah mendekatinya. Dalam hati aku hanya brkata “bodoh amad lah dia mau menolak ku, apa pun akan aku lakukan asal aku bisa dekat dengannya”. Tak menyerah aku terus mendekatinya dan dia mulai merespon pembicaraan ku lagi, kami pun mulai berbicara ini itu entah apa yang kami bicarakan mungkin
terlalu banyak.
Setelah cukup lama berbincang aku memperkenalkan namaku lagi dan menyodorkan tangan ku kepadanya “gue randy, kalo loe ?” dia pun mau merespon jabatan tangan ku “gue nina” “salam kenal ya nin, hehe” “ok salam kenal juga”. Kami pun meneruskan pembicaraan kami sambil berjalan jalan di pantai itu sambil menikmati keindahannya. Tiba tiba saja teman ku datang dan mengajak ku untuk pergi, aku pun tanpa fikir panjang berkata kepada nina “nin besok malam jam 8 gue tunggu loe ya di taman patung garuda wisnu, loe tau kan ?” belum sempat dia menjawab aku telah pergi jauh darinya.
Esoknya seperti biasa aku setiap sore berjalan jalan di pantai kuta untuk melihat senja, entah mengapa aku begitu suka kepadanya. Setelah melihat senja aku melihat jam, jam menunjukan tepat pukul 7 malam. Aku pun bergegas menuju patung garuda wisnu untuk bertemu dengan nina gadis pujaanku. Setelah sampai aku hanya bisa menunggu tanpa bisa tau sekarang nina dimana dan sedang apa ? karena memang aku tidak memiliki no handphone’a.
1 jam telah berlalu aku masih tetap menantinya, 2 jam berlalu tiba tiba saja hujan lebat turun dan membasahi semua yang ada di bumi tak terkecuali aku yang hanya berdiri tegak tanpa atap yang menutupiku seraya menunggu gadis itu. Tepat pukul 10 malam nina pun datang menghampiriku. Aku hanya terdiam dan menatapnya sinis dengan nada marah aku berkata “ngapain loe baru datang jam segini ? udh 3 jam gue nungguin loe disini, dingin banget !” “sory sory gue juga gatau loe beneran bikin janji disini, gue kira loe Cuma becandaan” “mana mungkin gue becanda ? gue serius pengen ketemu loe lagi”. “ok ok gue minta maaf, sini ikut gue, gue traktir minuman hangat biar loe ga kedinginan lagi” “beneran nie loe yang traktir ?” “iye iye gue traktir buat nebus kesalahan gue”.
Setelah itu pun kami berdua berjalan bersama di bawah sebuah payung yang melindungiku dan dia dari derasnya air hujan. Kami menuju sebuah café dekat sana untuk membeli minuman hangat. “gue pesen cappuccino hangat satu bli” kataku kepada waitress itu. “kalo loe apa nin ?” “gue moccacino ajja dech, hangat juga” seraya menunggu minuman itu datang kami bercengkrama. “ohh iya by the way kesibukan loe sekarang apa nin ?” “gue kuliah ndy di Jakarta, kalo loe sendiri ?” “ohh anak Jakarta juga loe ? ie gue masih kuliah juga sii” “iye anak Jakarta gue, kesini masih liburan pengen ngrasain udara segar, di Jakarta bete banget macet mulu ama banyak polusi !” “haha iye thu bener banget, gue juga pilih liburan kesini gara gara males gila di Jakarta disibukin ama tugas kuliah ama macetnya itu kaga nahan !”. Kami bercengkrama cukup lama sambil sesekali menyeruput minuman kami, tak terasa waktu telah berjalan cepat hingga telah pukul setengah
12 malam.
Akhirnya nina pun pamit untuk pulang duluan “ndy gue balik duluan ya ? udah malam nie” “gue anterin loe ye ?” “ga usah ah gue naik taksi aja gpp” “ama gue aja naek mobil gue nin, naik taksi ce sendirian malam gini nakutin nin” seraya merayunya, akhirnya dia pun mau aku antar. “yaudah dech gue mau” “ok dech, loe tinggal dirumah ato hotel ?” “gue ada rumah kog disini, di perumahan taman mutiara jalan imam bonjol, tau loe ?” “ohh disitu ? wah perumahan elit dong ?” “haha ga ah biasa ajja kog, yaudah yok ceped jangan kemaleman” “ok dech ayok”. Aku pun langsung menancap gas menuju perumahan itu, karena letaknya yang cukup jauh aku menekan gas lebih cepat karena sudah larut malam.
Setelah beberapa saat akhirnya aku sampai di rumahnya, gue akuin rumahnya emang gede banget, bisa dibilang gedong lah, haha. “gue duluan ya ndy ?” kata nina setelah sampai depan rumahnya. “ok nin, eh no hp loe berapa ? biar gue bisa contact loe gitu kalo kangen, haha” seraya bercanda. “ah loe ndy bisa aja, masa baru kenal udah kangen, ngawur aja loe, yaudah nie no gue” “ok makasih nin, gue duluan yah ?” “ok ndy ati ati iya dijalan udah malemb jangan ngebut” “ok siap nin, makasih ya buat traktirannnya tadi” “ok sama sama ndy” setelah itu aku pergi meninggalkannya, dia hanya melambaikan tangannya dan tersenyum sangat manis kepadaku. Ah hari yang tak terlupakan buatku, hahaha.
Hari demi hari berlalu aku dan dia pun semakin akrab dan dekat, karena kami sekarang lebih sering komunikasi lewat hp, bbm, atopun media yang lainnya. Kuakui aku jatuh cinta padanya sejak awal melihatnya, terutama pada senyumannya, waahh bisa jatuh pingsan gue kalau terlalu lama melihatnya tersenyum, hahaha. Tapi aku tidak tahu bagaimana perasaannya terhadapku, karena aku tidak pernah berani menyatakan perasaan ku kepadanya, jangankan menyatakan aku membahas sekitaran pacar saja tidak pernah di hadapannya.
Akhirnya setelah 3 minggu berlalu kami semakin akrab aku mencoba untuk menjalin hubungan yang lebih serius dengannya, lebih dari sekedar teman. “nin ntar malem loe ada acara ga ?” ku kirim bbm ku kepadanya dan menunggu balasannya. Bb ku berbunyi, langsung aku melihatnya, ternyata benar itu dari nina. “ga ada ndy, boring banget nie dirumah, jalan yuk ?” jawabnya, niadku untuk mengajaknya jalan malah dia berbalik yang mengajakku, tanpa fikir panjang langsung aku iyakan jawabannya. “yaudah ayok, gue juga boring nie, mau jam berapa ?” “entar malemb aja jam 7’an loe jemput kerumah gue ye ?” “ok dech nin, siiippp”.
Aku pun bersiap siap untuk bertemu dengannya, akhirnya jam 7 pun datang aku langsung mengambil kunci mobil ku dan melesat menuju rumahnya. Ternyata dia sudah menungguku sedari tadi, setelah sampai rumahnya langsung aku mengetuk pintunya. Dia pun keluar dan menyapa ku “ayo ndy ?” sejenak aku terpana melihatnya dengan balutan dress putih begitu cantik dan menawan. “kaya ada yang beda ya nin malem ini ?” jawabku kepadanya, “beda gimana maksud loe ndy ?” “gpp nin Cuma loe keliatan cantik banget aja malemb ini, sumpah !” “ah loe ndy jangan bikin gue kege’eran napa ?” seraya tersenyum manja kepadaku dan memukul lengan ku pelan. “beneran dech serius, bisa bisa dikira nyulik bidadari nie gue kalo jalan ama loe” jawabku sedikit gombal. “ah loe ndy, udah ah udah loe muji gue mulu, entar terbang gimana coba ?” “haha kalo loe terbang gue siap di bawah aja barangkali loe jatuh gue siap nangkep” “haha udah ah ndy ga usah gombal mulu, ayok jalan” “haha ayok nin”.
Akhirnya kami pun menuju ke sebuah restoran yang cukup romantis dekad bibir pantai, sengaja aku memilih lokasi itu karena aku ingin memimiliki moment khusus untuk kenangan cinta ku kepadanya. Dengan sedikit basa basi aku mulai membuka pembicaraan “eh nin kalo co loe tau kita gini marah ga nie ?” “hah co gue ? sapa ? gue ga punya kalee !” “ah sriusan loe ?” “seriburius malahan ndy, loe sendiri gimana ?” “sama ajja gue juga belom punya nin masih tetap kukuh dengan status jomblo gue, hahaha” “haha becanda aja loe ndy”. Setelah basa basi cukup lama aku mulai berbicara serius kepadanya “eh nin gue mau ngomong serius ama loe” “serius ? serius apaan ? jangan serius serius ah udah lewat UN’a, hahaha” dengan candaannya yang selalu membuatku ingin selalu bertemu dengannya. “gue mau loe jadi pacar gue nin ? loe mau ?” “jadii pacar loe ? emm… gmna iya ? gue ga mau mikir lama lama dech kasiand loe, ya udah gue mau” “seriusan loe nin ?” “iya gue serius, ga percaya ? yaudah ga jadi !” “haha engga engga nin gue percaya” akhirnya hari itu pun kami resmi menjadi sepasang kekasih.
Akhirnya masa liburan ku di bali pun habis begitu pula dengannya, dia memutuskan untuk pulang. Aku pun ikut pulang ke Jakarta dan menaiki pesawat bersama, karena aku ingin menemaninya sampai di Jakarta nanti. “kalau udah di Jakarta nanti jangan sampai lost contact iya ? tetep kabarin gue terus” kataku kepadanya. “iya sayang ga akan lah lost contact, masa iya gue mau ninggalin co gue yang paling cakep ini gitu aja ?” jawab nina. “makasih iya sayang” seraya mengecup kening kekasih ku itu.
Setelah beberapa lama di pesawat sampailah kami di kota kelahiran kami, Jakarta. “fuaahhh sampai juga nie sayang akhirnya” kataku kepada nina. “iya yank udah sampe nie, cape banget yank di pesawat terus” seraya sambil manja dan menyenderkan tubuh mungilnya itu ke badanku. “sama yank gue juga cape nie, yaudah yuk kita pulang ?” “naek apaan yank ? bentar yank, gue udah telf bokap gue buat suruh supir jemput kesini, entar kita balik bareng” “yaudah yank, beli minum yuk disitu ?” “yuk” seraya menggandengku terus menerus. Setelah menunggu beberapa saat akhirnya jemputan itu pun datang, segera kami berdua masuk mobil dan menuju rumah kami masing masing.
Setelah sampai dirumah aku langsung mengirimkan bbm kepadanya, layaknya orang baru jadian pasti ingin ketemu terus “kangen kamu sayang :*” terkirimlah bbm ku kepadanya. Tak beberapa lama dia membalas “kangen kamu juga sayang :*, lagi apa sayang ?” begitulah dan selanjutnya kami terus bbm’an. Kami mulai mencoba mengerti dan mengenal satu sama lain. Nina perempuan yang baik dan aku sangat sayang kepadanya.
Akhirnya 2 tahun sudah usia hubungan jalinan kasih antara aku dan nina, kami semakin matang untuk menikah setelah lulus kuliah nanti. Saat ini aku sudah semester 8 begitu juga dengannya, kami hanya perlu menyelesaikan skripsi untuk set tahun lagi dan tamatlah sudah kuliah kami. Buat ku setengah tahun tidaklah lama, aku harus cepat cepat menyelesaikan kuliah ini agar aku bisa hidup bersama selamanya dengan gadis pujaan ku nina. Terkadang kami mengerjakan skripsi bersama karena aku memang bodoh dan pemalas dalam hal ini, berbeda dengan nina yang rajin dan memang pintar, aku beruntung mendapatkannya.
Akhirnya setengah tahun pun berlalu hari yang ku tunggu tunggu datang, yaitu adalah wisuda. Karena aku berfikir setelah wisuda ini aku bisa mendapatkan pekerjaan dan melamar nina. Setelah wisuda itu selesai dan aku dinyatakan lulus aku langsung menelfon nina. Tut…. Tut….. tut…. Setelah cukup lama telfon ku pun diangkad “kamu dimana sayang ?” tanpa basa basi aku langsung bertanya padanya. “aku di kampus yank, sini yank jemput aku kita rayain” “ok yank nie aku otw kesana, tunggu iiah bentar” “ok dech sayang”. Setelah beberapa lama sampailah aku di kampusnya dan dia langsung masuk ke mobil ku. “gimana yank nilai kamu ?” “bagus bagus yank, kamu sendiri ?” “haha untunglah ga terlalu parah, hahaha” jawabku seraya mengelus rambutnya yang panjang dan halus. “sekarang kita mau kemana yank ?” tanya nina. “emm… kemana iya sayang ? sayang maunya kemana ? aku ikut aja, hehe” “kita ke mall ajja yuk yank aku mau beli sesuatu nie” “beli apa yank ?” “ada dech, kamu ga boleh tau pokoknya, haha” “ihh pelitnya sii ayank ? aku peluk nie ? haha”.
Sampailah kami di sebuah mall di Jakarta di daerah kelapa gading. Dia langsung menuju ke sebuah toko jam dan mulai melihat dan memilih, “emm… ini cocok ga yank buat kamu ?” tanya nina kepadaku. “haha kalo buat aku cocok semua yank, kan emang akunya juga udah cakep gitu, haha” seraya bercanda dan mencubit pipinya. “ihh sayang pede banget jadii orang” “ga pede ga idup dong yank” “haha bener juga sii yank”.
Akhirnya nina memutuskan membelikan ku sebuah jam yang bermerk dan harganya cukup mahal. Semakin hari rasa cinta ku dan sayang ku kepadanya semakin bertambah bahkan tak pernah berkurang sedikitpun. Hingga suatu hari ada suatu kejadian yang selalu membuatku ingin bunuh diri saja jika mengingat itu semua.
Saat itu tepat 4 mei 2011, 4 mei adalah hari jadian ku dengannya, dan tepat 3 tahun untuk tahun ini. Tiba tiba saja dia datang kerumah ku tanpa mengabari ku sebelumnya lewat bbm, sms ataupun telefon. Aku fikir dia mau memberiku kejutan karena saat itu adalah hari jadi kita berdua. Namun bagai di sambar petir disiang bolong, tiba tiba dia berkata “mav ndy kayanya kita harus putus, aku udh dijodohin ama ortu aku ama cowok yang jauh lebih tajir dan mapan dari kamu yang Cuma gantungin ke orang tua, mav banget ya ndy aku harus pergi.” Lantas dia pergi begitu saja meninggalkanku yang masih mematung tanpa bisa berkata apapun kepadanya.
Setelah itu langsung aku bbm dia “BANGSAD loe ! cewek MURAHAN anjink ! MATRE banget loe jadi cewek hah ? apa semuanya cukup diukur pake materi ? apa gunanya gue pertahanin hubungan kita sampai 3 tahun lebih gini kalo nyatanya loe giniin gue ! jawab woe jawab kenapa !” dengan derail air mata aku mengirimkan bbm itu kepadanya. Namun nihil dia tidak membalas sama sekali, aku telf pun dia tidak mengangkadnya bahkan tidak aktif hpnya. Setelah kejadian itu aku bersumpah aku akan menjadi sukses dan jauh lebih kaya dari pria yang di jodohkan dengannya. Dan aku akan buat dia mengemis cinta lagi kepadaku, kataku dalam hati.
1 tahun lebih akhirnya aku bekerja dan merintis karir di dunia bisnis, akhirnya aku menjadi seorang manager di sebuah perusahaan besar di Jakarta. Aku memiliki sebuah apartemen mewah dan sebuah mobil jaguar milik ku sendiri. Aku bangga atas hasil kerja kerasku, aku menjadikan makian dari nina sebagai cambuk agar aku terus berusaha dan menjadi sukses. Hingga akhirnya aku seperti sekarang ini. Dan aku pun mulai mencari kabar tentang nina.
Malam itu saat aku pulang kerja hujan lebat mengguyur Jakarta, saat aku melewati halte bus aku melihat sepasang orang tua yang pakaiannya lusuh dan terlihat kurus kering. Samar samar aku mengenali wajah mereka, ya mereka adalah orang tua nina yang dahulu membuat ku putus dengan nina. Sesaat muncul fikiran untuk menghina dan pamer segalanya kepada mereka, namun hati kecil ku melarangku begitu kuat agar aku tidak melakukannya. Akhirnya aku mencoba turun dan berkata kepada mereka, “om tante, kog ada disini ? lagi apa om ?” kemudian mereka menjawab, “ohh nak randy, bagaimana kabarmu nak ? sudah sukses ya sekarang” “iya om alhamdulilah sudah, om mau pulang ? saya antarkan saja om ?” “terima kasih nak randy tapi tidak usah, om dan tante bisa pulang sendiri” “sudah om tidak papa randy antarkan saja” “yasudah terima kasih nak”. Mereka pun masuk mobil dan kita berbincang cukup lama.
Akhirnya sampailah kami di sebuah perumahan kumuh yang mungkin tidak layak disebut perumahan, karena bangunan jalannya dan semuanya tidak layak tinggal. Aku pun di persilahkan masuk kedalam rumahnya, rumahnya berbeda jauh dengan rumahnya yang dulu sangat megah dan elit di kawasan pondok indah itu. Kami berbincang bincang cukup lama dan akhirnya aku mengerti semuanya. Ternyata mereka jatuh miskin karena biaya pengobatan nina yang sangat mahal hingga ke luar negeri namun naas nina tidak tertolong, dia meninggal 2 hari tepat sebelum ulang tahunnya. Sebelum dia meninggal dia menuliskan surat untuk nak randy, suatu saat jika om dan tante bertemu nak randy kami disuruh memberikan surat ini.
Aku pun langsung membuka dan membaca isi surat itu :
“sayang, maav’in aku iya ? aku udah jahat sama kamu, udah ngomong gitu ke kamu. Aku ga mau nantinya kalau kita jadi menikah aku hanya akan merepotkanmu saja dan membuatmu jatuh miskin nantinya karena penyakit kanker rahim ku ini. Aku tidak mau itu terjadi kepadamu, aku tidak mau melihat orang yang kusayang menderita, jadi biarlah aku yang menderita sendirian dan menahan ini semua sendiri. Aku tidak mau membuat orang lain menderita karena aku, terutama kamu sayang ! orang yang begitu aku cinta dan ku sayang. Aku tak akan tega melihat mu menderita nantinya setelah menikah dengan ku. Semoga makian ku waktu itu bisa membuatmu sukses dan menemukan orang yang dapat menjadi pendamping mu selamanya, tapi itu bukan aku. Terima kasih buat semua waktu kamu buat aku iya sayang, aku udah cukup bahagia di waktu waktu terakhir ku, aku sayang kamu aku cinta kamu aku pingin selamanya di sisi kamu. Kamu jangan sedih iya sayang setelah baca surat ini, karena aku disini bakal tetap bisa lihat kamu kog dan ngejagain kamu, aku disini bakal selalu nunggu kamu.
Salam Sayang,
Nina Agustina
Setelah membaca surat itu hati ku benar benar kacau fikiran ku jiwa ku semuanya seperti hancur dan diaduk aduk menjadi satu. Aku menyesal aku benar benar menyesal, kenapa aku tidak tahu ini semua ? kenapa ! harusnya aku lelaki lebih peka kalau dia butuh diriku, dia meninggalkan ku bukan karena pria lain tapi untuk kebaikan ku ! tapi mengapa aku tega mengata ngatainya. Dia tidak matre bahkan dia mau menerima ku apa adanya dia rela berkorban demi aku.
Seandainya saja bisa aku ingin mengulang waktu itu, ke waktu disaat aku terakhir kali melihatnya. Aku ingin membuatnya bahagia di saat saat terakhirnya, bukan malah membuat hatinya sakit dan terluka karena perkataan ku. Ya allah hukumlah aku jika memang itu pantas untuk ku !
Beberapa hari setelah itu setiap hari aku selalu sempatkan untuk datang ke makamnya, aku mendoakannya disana dan selalu meningat segala kenangan indah ku bersamanya. Semoga kau tenang di sana iya sayang ? jangan nakal ! aku disini mungkin bakal punya istri nantinya, tapi kamu yakin ! cinta ku ke kamu bakal tetap abadi, karena buat aku kamu lah cinta yang sesungguhnya ! ga akan ada yang bisa gantiin kamu selamanya di hati aku. Selamat tinggal sayang !
sumber : http://fiksi.kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar